Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word

Masih memakai cara manual untuk membuat daftar Pustaka di Microsoft word?. Uda gak jaman kali!. Yang belum tahu bahwa MS Word bisa membuat Daftar Pustaka otomatis ni, saat kalian membuat makalah, skripsi atupun tugas-tugas lainnya yang mengharuskan ada daftar pustakanya.

Ms. Word 2021

untuk membuat daftar pustaka di Word kalian bisa menggunakan fitur yang ada di program tersebut. Sudah disediakan lengkap kok, mungkin kalian saja yang belum tau. Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku, nama pengarang, tahun terbit, dan nama penerbit dll. Daftar Pustaka ini ditempatkan pada bagian akhir tulisan dan digunakan penulis sebagai studi dan referensi dalam membuat karya tulis. Daftar pustaka digunakan dalam karya tulis sejenis skripsi, tesis, disertasi, artikel, buku, jurnal atau  yang lainnya. Penggunaan daftar pustaka ini sangat penting karena bisa memperkuat ke validan dari sebuah karya tulis dan menyajikan sumber asli bagi para pembacanya.

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Benar

Satu hal yang penting untuk diperhatikan pada saat menulis daftar pustaka yaitu Penulisan daftar pustaka memiliki kaidah tersendiri dan tidak bisa sembarangan ditulis.

Secara umum format penulisan daftar pustaka menggunakan urutan penulisan seperti berikut: Nama penulis, tahun terbit, judul buku atau artikel yang dirujuk, nama penerbit, tempat terbit atau keterangan terbitan.

Cara Membuat Daftar Pustaka di MS. Word secara otomatis

Daftar pustaka memang bisa ditulis manual, tetapi pengguna bisa memanfaatkan fitur yang telah tersedia di Ms. Word supaya lebih mudah. Di bawah ini cara membuat daftar pustaka di Word supaya otomatis dan hasilnya rapi sehingga tidak perlu repot mengetik ulang atau manual.

1. Buka file Microsoft Word dari perangkat masing-masing.


2.     Di halaman utama, klik tab "References" pada bagian atas lalu pilih opsi "Manage Sources."

 


3.     Klik "New" dan akan muncul jendela pop-up "Create Source."


 

4.     Sebelum menulis daftar pustaka, ubah pengaturan bahasa yang ada di kolom "Language" menjadi "Indonesian."


 

5.     Selanjutnya memilih format penulisan daftar pustaka pada menu "Type of Source" untuk memilih jenis rujukan yang dibuat, misalnya buku, artikel, jurnal, atau lainnya.


 

6.    Isi detail referensi mulai dari penulis buku, judul, tahun terbit, dan lainnya sampai selesai.


7.     Setelah mengisi detail semua sumber kemudian klik "OK." Dan seperti inilah hasilnya


8.     Selanjutnya untuk menampilkan seluruh daftar pustaka, pilih opsi "Blibiography" yang ada di tab "References", kemudian klik "Insert Blibiography." selesai.


9.     Apabila ingin menambahkan sumber lain, tinggal mengikuti langkah-langkah seperti cara di atas sampai dengan selesai.

Gampang kan teman, baiklah itu tadi cara membuat daftar Pustaka otomatos melalui Ms. Word. Akhir kata, salam literasi.

 


Post a Comment for "9 Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Di Microsoft Word"