Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOSAKATA MADURA YANG ADA DI SELURUH ANGGOTA TUBUH

 BASANA SE BADHA E BADAN

(BAHASA YANG ADA DI ANGGOTA BADAN)


Ilustrasi

Bahasa Madura adalah Bahasa daerah dari salah satu pulau yang ada di Indonesia. Kenapa disebut Bahasa Madura, karena Bahasa Daerah tersebut adalah Bahasa daerah dari pulau madura. Sebetulnya banyak lagi Bahasa-bahasa daerah di Madura, menurut pengucapan juga artinya. Seperti di pulau Kangean, Kab. Sumenep. Bahasa dan Logatnya berbeda dengan Bahasa Madura tetapi artinya sama contohnya Sengko’(saya) bahasa di Pulau Kangean adalah Ako (saya) dan masih banyak lagi perbedaan Bahasanya dari bahasa madura,  ada juga bahasa di kepulauan Sapeken yang lebih seperti bahasa Sulawesi kalau saya tidak salah menggunakan  Bahasa Bajo. Sebagai Contoh : Bahasa madura, enja’ (tidak), sedangkan Bahasa untuk di pulau Sapeken Gai’ (tidak) mengapa demikian, Karena mungkin Letak Pulau Sapeken tersebut lebih dekat dengan pulau Sulawesi dari pada pulau Madura. Tetapi tetap bahasa Madura Sebagai bahasa Pemersatu untuk seluruh masyarakat Pulau Madura.

Okelah Niciser,  kali ini saya ingin menjelaskan tentang pembelajaran Bahasa Madura yang ada di seluruh anggota badan termasuk dengan Bahasa halusnya dalam Bahasa Madura (Basana se badha e badan).

Basana se badha e badan (Bahasa yang ada di Anggota badan) ini adalah Bahasa sehari-hari baik diucapkan orang tua kepada anaknya ataupun kepada orang-orang yang lebih tua. Seperti penjelasan padha postingan saya sebelumnya yaitu ONDHAGGA BASA agar Niciser tahu apa itu Bahasa maduranya rambut dan juga pengunaan Bahasa halusnya.

Oh ya Niciser, untuk ejaan pada postingan saya ini masih menggunakan “Pedoman Ejaan Bahasa Madura dengan huruf Latin” hasil dari Sarasehan  di Pamekasan tanggal 20-28 Mei 1973 atau yang lebih saya kenal ejaan tahun ’73. Yang mana untuk pengucapan tebal atau lidah menyentuh langit-langit mulut pada huruf D dan T menggunakan H. semisal  Dhai (dahi), dan Lathe (lidah). Untuk pembahasan ejaan tahun ’73 akan saya jelaskan dilain waktu.

                Oke langsung saja saya sudah petakan basana se badha e badan dibawah ini .

 

BAHASA YANG ADA DI SELURUH ANGGOTA BADAN

BAHASA INDONESIA

BAHASA MADURA

BAHASA HALUS DALAM BAHASA MADURA

RAMBUT

OBU’

RAMBUT

UBUN-UBUN

BUN-EMBUNAN

MERCO

KEPALA

CETHAK

SERA

DAHI

DHAI

BADANA

WAJAH

MOWA

SALERA, RAE

ALIS

ALES

MEMBA

MATA

MATA

SOCA

BULU MATA

BULU KEJA’

EDEP

TELINGA

KOPENG

KARNA

HIDUNG

ELONG

PANGAMBUNG

PIPI

PEPE

AMBUNGAN

MULUT

COLO’

LESAN

BIBIR

BIBIR

LATHE

GIGI

GIGI

BAJA

LEHER

LE’ER

GULU

PAYUDARA, SUSU

SOSO

BAJEM

PERUT

TABU’

PADHA’ARAN

PUSAR

BUJEL

POSER

LENGAN

LENGNGEN

GULUNGAN

KETEK, KETIAK

KALEMONGAN

KALENCEBBAN

TANGAN

TANANG

ASTA

JARI

GARIGI’

RAJUNGAN

KUKU

KOKO

KANAKA

BETIS

BETTES

PODHAK

KAKI

SOKO

PADA

               

                Baiklah Niciser, sekian postingan saya kali ini kurang lebihnya mohon maaf. Dan apabila ada yang perlu ditanyakan boleh tinggalkan komentar dibawah ini. Salam Niciser.

 

 

 


2 comments for "KOSAKATA MADURA YANG ADA DI SELURUH ANGGOTA TUBUH"

  1. Kengeng apetanya Kang Mas KadesNicis: Ponapa Basa alossa pokang (paha)

    ReplyDelete
  2. manabi bhasah alosah "jengguk/Jenggot? napah?

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang baik-baik.