Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEPUTAR BEKAM DAN JENIS BEKAM YANG MASYHUR

 SEPUTAR BEKAM DAN JENISNYA



ilustrasi bekam

Hai Niciser, pada kesempaatan kali ini saya ingin memposting Seputar bekam. Oke langsung saja.

APA ITU BEKAM?.

Jadi menurut Bahasa, bekam dalam Bahasa arab disebut Hijamah yang berasal dari kata hajm yang artinya menyedot. Hajamasy sya’ia  artinya menyedot sesuatu. Hajim atau Hajjam  adalah orang yang menyedot atau terapis bekam. Oleh karena itu penyedotan darah dinamakan hijamah, dan tukang sedot darahnya dinamakan Hajjam. Sudah mengerti kan ap aitu bekam???. Baiklah lanjut yak e sejarah Bekam.

SEJARAH BEKAM

                Dalam buku Al-usus Al- ‘ilmiyyah karya Dr. Ahmad Razzaq, Bekam sudah dikenal di berbagai bangsa di dunia sejak ribuan tahun silam. Pengobatan ini untuk mengobati banyak penyakit. Bahkan ditempat-tempat ibadah raja-raja mesir kuno, ditemukan berbagai lukisan bekam. Setiap bangsa memiliki cara sendiri untuk ber-bekam. Sejak dahulu hinggaa saat ini, Sebagian kabilah menggunakan tanduk hewan untuk melakukan bekam. Dengan cara, ujung tandu hewan tersebut dilubangi, kemudian diisi udara dari dalam lalu ditutup dengan ramuan. Mereka menyebutnya Horn Therapy (terapi tanduk.

                Bangsa Romawi dan Yunani menggunakan gelas-gelas kaca untuk praktik bekam tersebut. Mereka menggunakan potongan kapas yang diletakkan di dalam gelas untuk penyedotan darah. Hingga saat ini, masyarakat umum masih menggunakan car aini. Ada juga yang berbekam dengan menggunakan alat khusus yang terhubung dengan wadah berisi air dan selang kaca. Mereka menghangatkan air hingga menghilangkan uap air dan udara dari dalam gelas.

                Belum lama ini, bangsa Tiongkok menggunakan gelas-gelas yang terbuat dari bambu. Mereka juga menggunakan bekam dengan api.gelas-gelas ini memiliki keistimewaan besar karena bisa direbus untuk proses sterilisasi, kemudian bisa digunakan lagi untuk bekam.

                Saat ini alat yang digunakn untuk bekam suudah berkembang. Ada gelas-gelas kecil yang memiliki sumbatan, dengan menggunakan temba uap untuk penyedotan. Walau ada juga yang tidak menggunakan tembak uap. Ada juga alat potongan karet yang ditekan sebelum gelas giletakkan di titik bekam., setelah itu gelas diletakkan dan dibiarakan hingga Kembali ke bentuk semula hingga proses penyedotan selesai. Ada juga alat penyedot listrik yang berfungsi secara elektromagnetis di baagian tubuh yang diobati. Bekam secara elektro magnetis ini juga disebbut cuppung apparatus.

 

JENIS-JENIS BEKAM YANG MASYHUR

Ada 11 jenis bekam yang masyhur dalam buku Al-‘illaj akwabil hawa -Dr. Elky Cherly yaitu :

  1. Bekam ringan (light cupping). Yaitu bekam menyedot darah dengan ringan menggunakan gelas-gelas bekam.
  2. Bekam sedang (moderate cupping) hamper sama dengan light cupping tetapi pada bekam ini penyedotan darahnya dengan tingkat sedang.
  3. Bekam berat (strong cupping) bekam yang menyedot darah dengan tingkat yang kuat.
  4. Bekam bergerak (moving cupping) bekam ini menggunakan Teknik menggerakkan gelas bekam dengan minyak setelah proses penyedotan darah selesai.
  5. Bekam akupuntur (needle cupping)  bekam yang mengguankan jarum akupuntur yang ditutupi gelas-gelas bekam.
  6. Bekam moxa (moxa cupping)  bekam ini dilakukan dengan membakar rumput China yang disebut moxa, kemudian gelas bekam diletakkan diatasnya Ketika rumput masih menyala.
  7. Bekam cepat (flash cupping) bekam ini dilakikan dengan menyedot darah bergantian dengan gelas-gelas bekam. Bekam ini termasuk juga bekam kering karena menyedot dan mencabut sampai proses selesai.
  8. Bekam berdarah (bleeding cupping) bekam yang disebutkan dalam sunnah Nabawi ini dilakukan dengan menggunakan gelas bekam setelah penyayatan kulit luar.
  9. Bekam herbal (herbal cupping) bekam ini dilakukan dengan merebus bahan-bahan herbal yang akan digunakan sebagai pengobatan menggunakan gelas-gelas bambu , lalu setelah itu dilakukan seperti biasa pada saat proses bekam.
  10. Bekam air (water cupping) bekam yang dilakukan dengan menggunakan air hangat atau dingin seperti pemakaian dalam pengobatan alami.
  11. Bekam magnetis (Magnetik cupping) dinamakan bekam magnetis karena adanya magnet didalam gelas bekan yang membantu menggerakkan energi magnetic di dalam tubuh.

Dalam pengobatan barat, orangrang-orang barat memulai pengobatan dengan bahan-bahan kimia. Sehingga mereka juga yang megalami efek negative dari pengobatan jenis ini, dan mereka juga menyadari dampak bahayanya. Hingga ada Sebagian dari mereka yang berkata “Sebagian dari obat-obatan justru menjadi racun,” karena itu, saat ini mereka kembali menggunakan pengobatan bekam.

Niciser pasti bertanya-tanya apa pentingnya bekam bagi kita?. Perlu diketahui bahwa satu hal yang penting bagi kita terkait dari bekam adalam bagian khusus yang berkaitan dengan sunnah Nabawi. Karena bagian ini dipastikan akan terhindar dari kekeliruan karena narasumbernya adalah wahyu dari Allah kepada Rasulnya yaitu Muhammad ﷺ, dan beliau tidak akan menyembunyikan apapun wahyu dari Allah. Seperti point delapan, bekam yang baik adalah bekam sayatan, titik-titik bekam yang baik adalah dibagian bekam Nabi Muhammad ﷺ dan petunjuk terbaik adalah petunjuk Muhammad ﷺ

Beliau ﷺ tidak pernah berbekam di tiga titik dalam satu kali terapi. Karena itu kita harus membatasi titik-titik bekam yang penting, khususnya adalah sejumlah terapis bekam yang tidak memiliki kecakapan di bidang bekam secara memadai. Jika titik-titik bekam ditambah, bisa saja membuat pasien kesakitan.

Oke Niciser sekian dulu postingan kali ini semoga dengan ini kita semua tahu apa itu bekam, mulai dari sejarah hingga jenis-jenis bekam. Terimakasih.

(Dikutip dari buku Panduan Bekam : Seni Syar’i untuk Terapi Penyakit Masakini karya Prof. Dr. Amr Ar-Rayis dan Muhammad Shiddiq Khalifah)

 



Post a Comment for "SEPUTAR BEKAM DAN JENIS BEKAM YANG MASYHUR"