Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS MEMBUAT KOTAK BACA JUGA DI SELA-SELA POSTINGAN DI BLOG

 




Halo Niciser, kali ini saya ingin memberikan tips bagi para blogger, khususnya para blogger pemula seperti saya ini. Tips menambah kotak “BACA JUGA” di postingan blog. agar semakin membuat pengunjung blog betah berlama-berlama di blog kita, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkannya. Selain tentunya dengan membuat artikel yang berkualitas, cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan melengkapi fitur-fitur atau widget pendukung yang bisa kita maksimalkan untuk mempromosikan konten-konten lain yang ada di blog kita. Dengan bacaan beragam yang kita tawarkan, maka bukan tidak mungkin pengunjung akan semakin berlama-lama untuk membaca setiap artikel di blog kita.

     Salah satu dari fitur yang bisa kita pasang untuk membuat pengunjung semakin betah adalah dengan memasang fitur Related Post atau biasa juga disebut "Baca Juga" yang bisa kita pasang di tengah-tengah postingan artikel kita. Salah satunya yaitu yang berbentuk kotak sederhana seperti contoh tampilan berikut ini:



     Sebenarnya ada tiga pilihan untuk memasang kotak "baca juga" menjadi seperti tampilan di atas. Kita bisa membuatnya muncul secara otomatis, muncul berdasarkan label, atau memasangnya secara manual. Saya sendiri menyarankan cara terakhir (cara Manual), karena dengan memasang secara manual kita bisa sesuka hati mengatur kemunculan dan judul artikel yang ingin ditampilkan. Dengan cara ini, kita bisa memasangnya hanya pada artikel-artikel tertentu yang kita kehendaki. Selain itu, kita juga bisa mengatur sendiri daftar judul apa saja yang akan kita tampilkan pada kotak baca juga tersebut. 

Cara Membuat Kotak Baca Juga Secara Manual Sesuka Hati yaitu :

 

  1. Buka akun blogger anda.

 

  1.  Pilih menu tema dan klik edit html.


 

  1. Cari kode </head> >. Atau dengan menekan ctrl +F, lalu cari kode head tersebut dan letakkan kode dibawah ini di atasnya code </head

 

<style type='text/css'>.bacajuga{position:relative;display:inline-block;border:1px solid #DDD;margin:20px 0}.bacajuga h4{background-color:#FFF;position:absolute;margin-left:30px;margin-top:-11px;padding:0 15px;border:1px solid #DDD}.bacajuga ul{margin:0;padding:20px;list-style:none}.bacajuga ul a:before{font-family:fontawesome;content:"\f046";padding-right:10px}.bacajuga li{border-radius:5px;border-bottom:1px solid rgba(227,227,227,0.33);line-height:1.7em}</style>

 

  1. apabila telah diletakkan, maka simpan kembali template anda. 

     Apabila ingin menerapkannya di salah satu postingan,, maka pilih menu edit pada postingan tersebut dan buka pada mode html. Niciser, bisa menentukan sendiri di mana tempat yang ingin diletakkan kotak "baca juga" di dalam artikel tersebut.

 

  1. Jika sudah, maka letakkan kode berikut ini di tempat yang anda inginkan tersebut (masih dalam mode html) 

 

<div class="bacajuga"> <h4>Baca Juga</h4> <ul> <li><a href="Link Artikel 1">Judul Artikel Yang ingin Anda Tampilkan</a></li> <li><a href="Link Artikel 2">Judul Artikel Yang ingin Anda Tampilkan</a></li> <li><a href="Link Artikel 3">Judul Artikel Yang ingin Anda Tampilkan</a></li> <li><a href="Link Artikel 4">Judul Artikel Yang ingin Anda Tampilkan</a></li> <li><a href="Link Artikel 5">Judul Artikel Yang ingin Anda Tampilkan</a></li> </ul> </div>

 

Keterangan: tulisan berwarna merah merupakan judul-judul artikel yang bisa anda tentukan sendiri sesuka hati anda. Sedangkan tulisan yang berwarna biru adalah link-link dari judul-judul artikel yang disesuaikan dengan judul-judul artikel yang anda pasang tadi. Anda juga bisa menambahkan lagi judul (serta linknya) yang ingin anda tampilkan semau anda sesuka anda. Oya Niciser, pastikan juga kode font awesome sudah terpasang di template blog anda. 

 

  1. Jika sudah diatur semuanya, silahkan publish kembali postingan anda dan lihat hasilnya. apabila sudah terlihat kotak "BACA JUGA" brarti sudah berhasil menerapkan kotak tersebut di dalam postingan kita.


     Oke Niciser, Demikianlah Cara Membuat Kotak Baca Juga Secara Manual Sesuai selera kita di Postingan Blog. Semoga bermanfaat. Salam literasi

 

Post a Comment for "TIPS MEMBUAT KOTAK BACA JUGA DI SELA-SELA POSTINGAN DI BLOG"