Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan dan Alur Mengikuti Orientasi MOOC PPPK

 Dalam rangka mewujudkan perannya sebagai pelayan masyarakat, aparatur sipil negara diharapkan dapat melaksanakan tugasnya melalui pelayanan birokrasi yang professional dalam menghadapi tantangan-tantangan global. Pemerintah melalui UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara telah bertekad untuk mengelola aparatur sipil negara menjadi semakin professional. Undang-undang ini menjadi dasar dalam manajemen aparatur sipil negara yang bertujuan untuk membangun aparatur sipil negara yang memiliki integritas, professional dan netral bebas dari intervensi politik, juga bebas dari praktik KKN, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas bagi masyarakat. Untuk itu para calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) juga harus mendapatkan pelatihan pembekalan atau orientasi sesuai Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor 289 Tahun 2022.

Tujuan dari orientasi PPPK ini adalah memberikan pengenalan tugas dan fungsi ASN serta memberikan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah”, Kurikulum orientasi PPPK akan membahas mengenai pengenalan fungsi dan tugas ASN meliputi sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN serta kedudukan dan peran PPPK mendukung terwujudnya smart governance.

MOOC PPPK adalah salah satu metode dalam pelatihan dasar (Latsar) untuk para calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Latsar dilakukan untuk membangun dan mewujudkan ASN yang profesional dan berkarakter.


Pengertian MOOC PPPK

MOOC adalah singkatan dari Massive Open Online Course. Adalah program pelatihan mandiri untuk para calon PPPK secara online.

Platform MOOC ini dikelola oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan dapat diakses oleh Peserta orientasi dalam hal ini adalah PPPK, dengan login menggunakan NIP dan NIK pada platform http://swajar-pppkpintar.lan.go.id/.

Desain pembelajaran MOOC ini terdiri dari modul-modul pembelajaran dan microlearning berupa video penjelasan setiap sub materi. Di dalamnya terdapat materi kebijakan, 4 materi pembelajaran dan evaluasi akademik.

Materi kebijakan terdiri dari video sambutan kepala LAN, video kebijakan pengembangan kompetensi ASN, dan kebijakan pelatihan dasar PPPK. Sedangkan 4 agenda pembelajaran meliputi sikap perilaku dan nilai-nilai bela negara (3 sub meteri), nilai-nilai dasar PNS (7 sub materi), kedudukan dan peran PNS dalam NKRI (2 sub materi), dan terakhir materi pembelajaran Habituasi.

Adapun masing-masing materi pembelajaran tersebut akan memberikan trophy yang digunakan sebagai penilaian sikap dan prilaku selama pembelajaran. Setiap peserta diwajibkan mengumpulkan 32 trophy dan maksimal keseluruhan terdapat 50 trophy (nilai sempurna).

Setelah menyelesaikan semua materi pembelajaran kebijakan dan mendapatkan trophy, maka peserta akan mendapatkan evaluasi akademik. Ketentuan evaluasi akademik MOOC ini yaitu peserta yang melaksanakan posttest 1 sampai dengan 3 kali dapat memperoleh skor maksimal 100. Sedangkan peserta yang melaksanakan posttest 4 sampai dengan 5 kali dapat memperoleh skor maksimal 90,01.

Selanjutnya peserta yang melaksanakan posttest 6 kali dapat memperoleh skor maksimal 80.01. Lalu peserta yang melaksanakan posttest lebih dari 6 kali dapat memperoleh skor maksimal 70.01. Selanjutnya peserta PPPK diwajibkan untuk mengikuti evaluasi akademik minimal 1 kali.

Panduan Login MOOC PPPK

Untuk login ke platform MOOC ini menggunakan portal swajar oleh LAN RI. Berikut langkah-langkahnya;

  • Pada laman MOOC Pelatihan Dasar PPPK Klik menu "login"


  • Masukkan username dengan 18 digit Nomor Induk Pegawai PPK (NIPPPK) anda tanpa spasi. Kemudian masukkan Password dengan menggunakan 16 angka Nomor Induk Kependudukan (NIK) kemudian klik Login












  • Selanjutnya, akan muncul tampilan awal dari pelatihan MOOC PPPK ini seperti gambar diatas.

  • Klik menu profile untuk melihat data diri anda. Jika data-data yang muncul tidak sesuai, anda bisa melaporkan ke unit kerja kepegawaian instansi masing-masing.



  • Untuk mengganti password, klik "ganti password".


  • Silahkan masukkan password baru anda sebanyak 2 kali. Lalu klik "Submit".

Cara Mengakses Materi Pembelajaran


Kerjakan semua tab di Menu Course sesuai dengan jadwal

  • Untuk kembali ke materi pembelajaran klik menu "Course" pada bagian kiri di bagian menu. akan tampil seperti gambar diatas.

  • Menu materi kebijakan, agenda I, agenda II, Agenda III dan agenda IV wajib diakses dan dipelajari berurutan. Terdapat juga keterangan jumlah trophy yang ada pada setiap materi.

  • Untuk membuka sub-materi, klik tombol ">" di bagian kanan materi pembelajaran.

  • Klik pada file yang bertanda trophy untuk mengakses bahan pembelajaran masing-masing.

  • Selanjutnya akan muncul tampilan video, podcast, PPT, dan pembelajaran. Silahkan tonton sampai selesai, lalu klik "Selesai menonton/selesai mendengarkan/selesai mereview" untuk mendapatkan trophy.

  • Untuk dapat mengunduh bahan pembelajaran pdf/ppt klik tombol panan pada kanan atas kotak bahan pembelajaran.

  • Setelah selesai, maka tombol materi akan berubah menjadi warna kuning. Ini artinya anda sudah berhasil mendapatkan trophy.

  • umlah trophy yang anda dapatkan bisa dilihat selengkapnya di bagian profil.

  • Apabila sudah mencapai 28 trophy, anda dapat mengakses materi microlearning pada menu pembelajaran agenda I, agenda II, dan Agenda III.

kerjakan semua tab pada menu course tersebut sesuai dengan Jadwal yang sudah di tentukan.

Berikut nilai konversi trophy dan bintang terhadap penilaian sikap dan prilaku:

- 41 - 50 trophy nilainya setara 95-100 poin

- 31 - 40 trophy nilainya setara 90-95 poin

- 29 - 30 trophy nilainya setara 80-90 poin

- 28 trophy nilainya setara 70.01 poin


Sekian informasi mengenai MOOC PPPK ini. semoga teman-teman PPPK di seluluruh Indonesia lulus dengan nilai yang baik.


Catatan : 

Jangan Sekali-kali login sebelum waktu yang sudah ditentukan. karena akan mempengaruhi nilai dan integritas kalian. Loginlah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.










Post a Comment for "Tujuan dan Alur Mengikuti Orientasi MOOC PPPK "