Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 TIPS AGAR ANAK MAU BELAJAR TANPA DIMARAHI

 Belajar adalah proses yang penting dalam perkembangan anak. Slavin berpendapat bahwa Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons (Slavin,2000:143). Namun, tidak semua anak selalu memiliki motivasi yang cukup untuk belajar dengan tekun. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi motivasi belajar anak, seperti kebosanan, rasa malas, dan kurangnya minat terhadap pelajaran tertentu. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu anak agar mau belajar dengan tekun.



  1. Buat suasana belajar yang menyenangkan

Sumber : https://arsitagx-master-article.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/article-photo/674/ide-ruang-belajar-anak-remaja-ceria-2.jpg
Anak-anak cenderung lebih mudah tertarik pada sesuatu yang menyenangkan dan menarik. Oleh karena itu, cobalah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, misalnya dengan memasang poster atau gambar yang menarik di dinding kamar belajar, menyediakan permainan edukatif, atau memilih metode belajar yang kreatif dan interaktif. 

  1. Kenali minat dan bakat anak

Sumber : https://blog.ruangguru.com/hs-fs/hubfs/Use-Academic-language-138148595-1440x960.jpg?width=900&name=Use-Academic-language-138148595-1440x960.jpg

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Kenali minat dan bakat anak Anda, dan cobalah untuk mengaitkan pelajaran dengan minat atau bakat tersebut. Misalnya, jika anak Anda suka bermain musik, maka cobalah untuk mengajaknya belajar tentang matematika dengan cara yang berhubungan dengan musik.

  1. Berikan pujian dan hadiah

Sumber : https://cdn.popmama.com/content-images/post/20180320/gifts34059954-xl-875080d0f4184e99d29a1beb94815667.jpg

Anak-anak senang mendapat pujian dan hadiah. Berikan pujian ketika anak Anda berhasil menyelesaikan tugas atau menguasai materi baru. Sediakan juga hadiah kecil sebagai motivasi, misalnya berupa mainan atau buku atau juga bisa diajak beli-beli di swalayan dengan kemauan anak itu dengan budget yang kecil.

  1. Berikan contoh positif

Sumber : https://cdn.popmama.com/content-images/post/20210209/pretty-young-mother-her-cute-little-son-drawing-pictures-with-colorful-crayons-while-staying-home-during-period-quarantine-274679-11514-d36102be898bf23be487cdc22f916460.jpg

Anak-anak cenderung meniru orang dewasa yang mereka lihat sebagai contoh. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan contoh positif dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang baik terhadap belajar. Misalnya, dengan membaca buku di depan anak atau menyelesaikan pekerjaan rumah dengan tekun.

  1. Libatkan orang tua dan guru

Sumber : https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2021/12/02/persiapan-sekolah-tatap-mukajpg-20211202014318.jpg

Orang tua dan guru memiliki peran penting dalam memotivasi anak untuk belajar. Libatkan orang tua dan guru dalam proses belajar anak, misalnya dengan memberikan update tentang kemajuan anak dan berdiskusi tentang cara yang tepat untuk membantu anak belajar. dengan selalu berdiskusi dengan guru tentang masalah anak, maka kita sebagai orang tua akan mengetahui proses perkembangan anak. dan perlu diingat, guru hanya orang tua ke dua bagi anak kita. oleh karena itulah kita sebagai orang tua harus mengajari anak apa yang tidak tersampaikan oleh guru.

  1. Gunakan media sosial

Anak-anak seringkali sangat terbiasa dengan media sosial. Gunakan media sosial sebagai sarana untuk memotivasi anak belajar, misalnya dengan memposting pencapaian anak atau memberikan tantangan belajar yang menarik di akun media sosial.

  1. Berikan kebebasan dan ruang untuk bereksplorasi

Anak-anak senang bereksplorasi dan menemukan hal-hal baru. Berikan kebebasan serta ruang untuk anak Anda bereksplorasi dan menemukan cara belajar yang paling cocok untuk mereka. Misalnya, dengan memberikan kesempatan untuk belajar di luar ruangan atau mengeksplorasi bahan pelajaran dengan cara yang berbeda.

Begitulah tips agar anak mau belajar. Dengan menerapkan cara diatas, semoga putra dan putri mau belajar tanpa disuruh dan dimarahi terlebih dahulu.


Post a Comment for "7 TIPS AGAR ANAK MAU BELAJAR TANPA DIMARAHI"